Bawang Putih
Makanan dan Minuman untuk Menghilangkan Bau Bawang Putih di Mulut - Bawang putih dimanfaatkan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Bawang putih juga memiliki khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia. Khasiat yang lainnya adalah dapat menurunkan risiko kanker payudara, kanker kulit, kanker kolon, dan lain sebagainya.

Selain mempunyai banyak manfaat dan khasiat, bawang putih juga dihindari karena aromanya yang kurang sedap. Tetapi, rempah ini justru sering dimakan langsung. Salah satunya adalah menu kalbi khas Korea yang disantap bersama bawang putih utuh.

Bagaimana mengatasi bau tajam dari bawang putih? Berikut ini dua makanan dan dua minuman yang ampuh untuk menghilangkan bau bawang putih dari mulut seperti dikutip dari detikFood (16/09/2012):

1. Apel

Kandungan senyawa polyphenol di dalam buah apel yang segar dan tinggi serat ini bisa menghilangkan aroma tak sedap khas bawang putih.

2. Bayam

Menurut Sheryl Barringer, Ph.D., ahli pangan dari Ohio, kandungan polyphenol bayam juga dapat menghilangkan senyawa sulfur dalam bawang putih yang menghasilkan bau tak sedap.

3. Susu

Masih menurut Sheryl Barringer, susu akan mencuci mulut dan kandungan lemak di dalamnya akan melarutkan aroma tidak sedap di dalam rongga mulut.

4. Teh Hijau

Ada alternatif  selain susu untuk mengusir aroma bawang putih dari mulut yakni teh hijau. Senyawa polyphenol dalam teh hijau melarutkan aroma tak sedap bawang putih.

3 Comments

  1. Kalau untuk menghilangkan bau badan (yang bau bawang) mengkonsumsi makanan apa gan? Hehehe info manfaat gan makasih

    ReplyDelete
  2. @Qcuy Kalo yang itu, ane lum dapat infonya ..

    ReplyDelete
  3. saya sering kali memakan bawang putih mentah untuk menjaga kesehatan saya
    terima kasih, tips2nya akan diikuti

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post