Ciri-ciri Nama Domain yang Bagus

Nama domain dapat diibaratkan sebagai real estate di dunia maya. Seperti diketahui, lokasi merupakan hal yang amat berpengaruh dalam bisnis real estate. Begitu pula akan halnya dengan sebuah nama domain yang dapat menjadi pondasi kesuksesan situs Sobat.

Lantas, bagaimana cara mengidentifikasi sebuah nama domain? Berikut ini 3 ciri-ciri dari nama domain yang bagus.

1. Singkat

Ciri yang pertama dari nama domain yang bagus adalah singkat. Sekarang ini, semua domain .com yang terdiri atas 3 dan 4 huruf sudah tidak ada lagi. Selain itu, nama domain dengan panjang 5 huruf juga telah berkembang pesat.

Jumlah huruf spesifik yang perlu Sobat incar itu tidak ada. Meskipun begitu, jangan lupa bahwa semakin singkat, maka akan semakin baik. Bila Sobat membutuhkan petunjuk, cobalah untuk berpatokan tetap berada di bawah 10 huruf dan jangan pernah melampaui 20 huruf.

Ditinjau dari penggunaan jumlah kata, domain dengan satu kata adalah sangat berharga. Dua kata bernilai sudah cukup baik. Sementara tiga kata sudah termasuk rata-rata. Sedangkan jumlah kata di atas itu, biasanya bukan merupakan ide yang baik.

2. Mudah Diingat

Pengguna internet mayoritas tidak memakai bookmark. Mereka cuma mengingat nama domain dari situs favorit mereka dan mengetikkannya setiap hendak mengunjunginya. Sudah pasti, bila nama domain Sobat begitu kompleks hingga susah untuk diingat, maka Sobat akan kehilangan pengunjung seiring dengan berjalannya waktu.

3. Mudah Dieja

Hal yang tidak Sobat inginkan adalah pengunjung-pengunjung Sobat salah dalam mengeja nama domain situs Sobat dan justru berakhir di situs lain. Oleh karena itu, hindari pemakaian kata asing yang tidak biasa, kata-kata yang mempunyai pelafalan yang kompleks, kombinasi huruf yang aneh dan hal-hal lain yang mungkin membuat seseorang salah dalam mengeja alamat situs Sobat.

Nah, itulah 3 hal yang perlu diperhatikan dalam mengevaluasi sebuah nama domain yang bagus.

Post a Comment

Previous Post Next Post