Sebelum Naik Pesawat, Ketahui Dulu 30 Istilah Penerbangan Ini!
Bagi Sobat yang belum pernah naik pesawat terbang dan akan traveling dengan moda transportasi ini, sebaiknya Sobat perlu untuk mengetahui beragam jenis istilah penerbangan yang biasanya ditunjukkan dengan bahasa Inggris.

Dengan mengetahui istilah penerbangan ini, Sobat dapat menghindari salah paham dan selamat hingga tujuan. Lalu, istilah apa saja yang perlu Sobat ketahui? Berikut 30 istilah penerbangan yang harus diketahui sebelum naik pesawat.

  1. Accompanied: Saat Sobat membeli tiket untuk anak/bayi, maka harus ditemani oleh orang dewasa yang membayar penuh sesuai dengan tarif berlaku.
  2. Adult: Seseorang yang sudah berumur di atas 12 tahun.
  3. Alternate Aerodrome: Bandara alternatif, yaitu bandara lain yang akan dipilih bila tidak dapat mendarat di bandara tujuan.
  4. Apron: Tempat parkir pesawat.
  5. Arrival: Bagian kedatangan.
  6. Aviation: Institusi atau suatu lembaga penerbangan.
  7. Anything to declare?: Pertanyaan ini diajukan oleh petugas bea dan cukai, "Apakah Sobat membawa benda-benda seperti alk*h0l dan rokok?".
  8. Baggage Tag: Dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan penerbangan untuk memberi tanda bagasi penumpang. Selain itu, hal ini juga untuk memberi tanda tertentu (apakah benda tersebut dalam kategori benda pecah-belah) dari bagasi tersebut. Pada baggage tag diberi nomor sesuai dengan nomor yang ditempelkan pada tiket penumpang.
  9. Boarding Pass: Kartu yang diberikan kepada penumpang sebelum naik pesawat. Penumpang yang sudah memegang boarding pass, menandakan proses check-in sudah selesai dilakukan, dan siap untuk naik pesawat sesuai dengan kelas, kompartemen, dan nomor tempat duduk.
  10. Booking: Proses pemesanan dan pembelian tiket.
  11. Cabin Attendant: Penjaga kabin atau lebih dikenal dengan pramugari atau pramugara.
  12. Climbing: Ketika pesawat tengah terbang naik.
  13. Connecting Flight: Pergantian pesawat lain atau memakai airline lain, biasanya ketika transit.
  14. Child: Anak dengan ketentuan umur 2 - 12 tahun.
  15. Check-in luggage: Tas yang disimpan di bagian kargo dalam pesawat.
  16. Carry-on luggage: Disebut juga hand luggage, dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat.
  17. Departure: Keberangkatan.
  18. Descending: Pesawat sedang terbang turun.
  19. Dangerous Good: Barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan penerbangan.
  20. Destination: Kota tujuan terakhir, biasanya yang paling jauh dikunjungi oleh penumpang (bila penumpang melakukan penerbangan dengan transit).
  21. Direct Flight: Penerbangan antara dua kota yang akan dikunjungi tanpa harus melakukan suatu pemberhentian (transit).
  22. Fare: Jumlah biaya yang dibebankan kepada penumpang beserta barang bawaannya yang diterbitkan secara umum kepada publik berdasarkan jenis kelas.
  23. Go-Show: Penumpang yang belum memesan tiket sebelumnya dan bermaksud untuk pergi memakai pesawat dengan datang langsung ke bandara.
  24. Infant: Bayi berusia 0 - 24 bulan.
  25. Landing: Pesawat mendarat.
  26. Metals: Benda-benda seperti perhiasan, uang logam, dan kunci.
  27. No-Show: Penumpang yang sudah melakukan booking, tetapi tidak menggunakan hak-nya atau tidak muncul ketika jadwal penerbangan miliknya.
  28. Passenger: Setiap penumpang dalam pesawat kecuali awak kabin.
  29. Ticketing Time Limit: Batas waktu konfirmasi pemesanan tiket oleh penumpang.
  30. Transit: Pemberhentian antara kota keberangkatan dan tujuan. Bisa satu kota atau lebih.


Nah, setelah membaca artikel ini, Sobat sudah tahu 'kan istilah umum penerbangan yang kerap kali Sobat jumpai di bandara? Kalau Sobat belum memesan tiket penerbangan untuk traveling Sobat, langsung pesan di sini, yuk! Dijamin harganya jauh lebih murah. Jangan lupa untuk sekalian pesan hotel murahnya juga, ya!

Post a Comment

Previous Post Next Post