Cara Memasang Meta Tag Otomatis di Blogger
Memasang meta tag pada blog merupakan salah satu cara agar blog lebih mudah diindeks oleh mesin pencari seperti Google. Penyampaian informasi penting ke mesin pencari atau search engine mengenai halaman suatu blog dilakukan dengan cara memasang meta tag ini pada blog. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara memasang meta tag deskripsi dan keyword setiap posting secara otomatis. Maksudnya, setiap posting kita akan memiliki meta deskripsi yang berbeda antara posting yang satu dengan posting yang lainnya tanpa perlu menambahkan meta tag pada setiap posting secara manual. Hal ini dilakukan agar kita tidak mengalami duplikasi meta deskripsi.

Berikut ini cara memasang meta tag tersebut bagi yang belum pernah memasang meta tag sebelumnya.

1. Masuk ke akun Blogger Anda.

2. Klik Rancangan > Edit HTML.

3. Klik Download Template Lengkap untuk membuat salinan template. Hal ini untuk berjaga-jaga jika nanti ada kesalahan dalam pengeditan kita sudah mempunyai backup-nya sehingga mudah untuk mengembalikan template seperti semula.

4. Cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title>. Gunakan Ctrl + F untuk memudahkan pencarian.

5. Hapus kode tersebut dan ganti dengan kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Isi dengan deskripsi blog Anda' name='DESCRIPTION'/>
<meta content='kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3, kata kunci dst' name='KEYWORDS'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> : <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/></b:if>
  • Ganti tulisan yang berwarna merah dengan deskripsi dan kata kunci yang berhubungan dengan blog Anda.
6. Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.

26 Comments

  1. keren gan,,,,!!!sangat bermanfaat....follow aku yach....

    ReplyDelete
  2. @illank Terma kasih gan n ane udah follow tu gan..

    ReplyDelete
  3. sangat bagus mas,.. terima kasih infonya,.. jangan lupa mampir yah,..

    ReplyDelete
  4. makasih mas
    infomygame.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. makasih gan... sukses terpasang di blog saya... :)

    ReplyDelete
  6. trims gan, kayknya ni lebih lengkap, segera q coba dech. oh ya q sangat senang ente mau mampir ke blog aku yang jadul gratisan lagi...

    http://crazyexpensivecars.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. @Pendowo Limo Sama-sama gan.. dan meluncur ke tekape..

    ReplyDelete
  8. wahh nice inpo sukses terpasang di blog saya.....
    kunjugi blog saya juga yaa http://akatsukihackblog.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Info menarik, tetapi dengar2 keseringan merubah meta tag bisa membuat blog kita malah sulit di deteksi oleh mesin pencari.

    Saya tidak tahu detailnya tapi sepertinya itu benar.

    ReplyDelete
  10. trimakasih mas,..artikelnya membantu banget..Salam sukses sumba untuk munadi.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. terima kasih tutor nya .. saya coba dulu ya :)

    ReplyDelete
  12. makasih bro... sangat membantu tricknya jangan lupa mampir juga di Kata Hati

    ReplyDelete
  13. ada perbedaan di kata kunci dan acc, tp sebelumnya thank gan ataS INFONYA

    ReplyDelete
  14. makasih infonya... thanks..

    ReplyDelete
  15. makasih gan.. infonya okei banget, aq beginner...tp sudah bisa pake untuk edit blog baruku
    expertisecorner.blogspot.com ^^ thankssss

    ReplyDelete
  16. wah bagus nie artikelnya gan .. maklum masih newbie..lagi belajar ngeblog...mohon bimbinganya.. follow blog saya gan ..

    ReplyDelete
  17. artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie tentang meta tag jangan lupa yang kunjungi juga blog saya : http://bursa-buku-online.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post