Ini Manfaat HR Software untuk Perusahaan

Tidak cuma bagian finance (keuangan) saja yang butuh perangkat lunak (software) untuk membantu pekerjaannya, divisi HR (Human Resource) pun membutukan software untuk membuat pekerjaan mereka menjadi lebih cepat dan efektif. Software apakah yang mereka butuhkan?  HR software adalah jawabannya. Dengan software ini, pekerjaan divisi HR akan mejadi lebih mudah.

software HR adalah software yang digunakan oleh perusahaan untuk membantu mengatur dan mengelola data informasi pegawai. Dari beberapa jenis sofware HR, satu jenis software HR yang paling banyak dipakai oleh perusahaan adalah software yang berbasis cloud


Apa Itu HR Software Berbasis Cloud?

Software HR jenis ini paling banyak digunakan karena memungkinkan pengguna software ini untuk mengaksesnya dari gadget (perangkat) kapan pun dan di manapun. Selama pengguna terhubung dengan internet, maka mereka bisa mangaksesnya kapan pun. Penggunanya bisa log-in dengan banyak gadget, seperti dari tablet, smartphone, laptop dan komputer pc.


Tidak hanya pas untuk dipakai untuk mobile workforces, mudahnya akses ini akan memungkinkan para pegawai untuk bisa mengakses informasi data pribadi mereka sekaligus bisa melakukan perubahan informasi jika memang diperlukan.


Manfaat HR Software

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari software HR ada cukup banyak. Manfaatnya ini tergantung dari jenis software HR yang Anda pilih. Namun, secara umum, manfaat memakai software ini adalah Anda menghemat banyak waktu yang biasanya dihabiskan habis untuk melakukan tugas-tugas administrasi di bagian HR.

Manfaat ini tidak hanya akan sangat membantu mereka yang bekerja di divisi HR, tapi juga akan menguntungkan perusahaan karena pekerjaan-pekerjaan yang menyita waktu tersebut bisa selesai lebih cepat dan efektif. Software HR juga bisa menurunkan tingkat kesalahan yang ada hubungannya dengan entri data sekaligus bisa menghemat biaya karena perusahaan bisa meminimalisir penggunaan tinta printer, kertas, klip, dan benda atau alat-alat lainnya.

Sudah bukan rahasia lagi, payroll merupakan salah satu pengeluaran terbesar untuk sebagian besar perusahaan. Dengan mengelola payroll dengan HR software akan menghemat waktu sekaligus meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi jika masih menggunakan sistem payroll manual.


Rekrutmen Juga Terbantu dengan HR Software

Dengan menggunakan software HR untuk proses perekrutan peluang perusahaan mendapatkan kandidat berkualitas juga akan lebih besar. Kenapa? Karena sistem pada HR software biasanya sudah terhubung dengan situs dan akun sosmed penyedia informasi lowongan kerja, sehingga akan banyak kandidat yang bisa mengetahui informasi tentang lowongan yang ada di perusahaan.  Selain itu, software ini  juga bisa  membantu proses interview dan onboard pegawai baru.

Itulah manfaat HR software untuk perusahaan. Sebelum memilih software HR untuk perusahaan , sangat disarankan untuk memastikan bahwa software tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apa software HR yang terbaik saat ini? LinovHR adalah jawabannya. Cari tahu keunggulan software HR dari LinovHR di sini!

Post a Comment

Previous Post Next Post