Memasang Widget Pengikut atau Follower di Blogger
Bila kita mengunjungi blog yang ber-flatform Blogger, sering kita menemui widget Pengikut atau Follower di sidebar blog tersebut. Di blog ini pun telah terpasang widget Pengikut. Widget ini menggunakan Google Friend Connect. Lalu, apa saja manfaat yang kita peroleh bila memasang widget ini?

Manfaat yang diperoleh bila kita sebagai follower atau pengikut blog orang lain adalah kita dapat mengetahui perkembangan terbaru dari blog yang kita ikuti tersebut. Jika kita masuk ke akun Blogger, maka di halaman Dasbor pada Daftar Bacaan di tab Blog yang Saya Ikuti pada kolom Item, kita akan menemui judul-judul posting beserta uraian singkatnya dan waktu sudah berapa lama posting-posting tersebut diterbitkan. Dengan demikian, kita berpeluang untuk membaca serta berkomentar yang pertama kali di artikel tersebut.

Sedangkan manfaat yang dapat dirasakan oleh blog yang diikuti yaitu admin blog yang bersangkutan dapat menjalin silaturahim atau berkenalan dengan para pengikut atau follower blog tersebut. Selain itu, bila pengikut blog telah mencapai jumlah yang cukup banyak, maka admin blog tersebut dapat bersenang hati karena blognya terbilang populer.

Bila kita ingin mengikuti suatu blog, silakan klik tombol Follow di widget Pengikut yang ada di sidebar blog tersebut. Namun, jika di blog tersebut tidak terpasang widget Pengikut, maka pada halaman Dasbor di Daftar Bacaan pada tab Blog yang Saya Ikuti, silakan klik tombol TAMBAH. Kemudian masukkan URL blog yang Anda ingin ikuti.

Untuk memasang widget Pengikut atau Follower ini di Blogger, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Masuk ke akun Blogger Anda.
  2. Klik Rancangan > Elemen Laman > Tambah Gadget.
  3. Pilih Pengikut.
  4. Klik tombol SIMPAN.
  5. Letakkan kotak elemen Pengikut ke tempat yang Anda inginkan.
  6. Klik tombol SIMPAN.

10 Comments

  1. thankyou bos
    koment balik

    ReplyDelete
  2. wah! nice post brooo. ane tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  3. bro tempat ane gak muncul2 tuh gadget pengikutnya
    gmana bro?

    ReplyDelete
  4. @Indonesia Kalo ga muncul, coba pake script aja bro. http://klikmunadi.blogspot.com/2011/08/cara-memasang-gadget-pengikut-dengan.html

    ReplyDelete
  5. Saya udah pasang gan.THKs ya.

    ReplyDelete
  6. @Abed Saragih Sama-sama..
    Kalo saya udah ga pasang lagi sejak beberapa hari yang lalu.

    ReplyDelete
  7. makasih gan tutorialnya......
    udah saya pasang.......

    ReplyDelete
  8. biar kliatan icon FB gmn gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post